Jumat, 09 Desember 2011

Budaya Indonesia semakin luntur

Dari tahun ke tahun budaya indonesia makin terkikis, terutama tari daerah. semakin lama makin hilang padahal itu semua adalah kekayaan adat indonesia. Selain budaya yang mulai pudar, juga rasa persatuan, kekeluargaan, patriotisme dsb. Sekarang sulit banget ditemukan diantara anak-anak bangsa yang mengenal budaya sendiri, bisa dikatakan, anak-anak bangsa jaman sekarang sudah dihanyutkan dengan globalisasi yang terlalu deras melanda Indonesia.
Padahal harusnya kita lebih menyaring budaya yang masuk, supaya tidak bersinggungan dengan budaya sendiri. Tapi yang ada sekarang, banyak anak-anak bangsa yang malu mengakui bangsa dan negaranya. bahkan mereka menertawakan budaya-budaya Indonesia yang mereka anggap aneh, kuno, ketinggalan jaman, dsb. Sebenarnya Kebudayaan itu merupakan upaya atau hasil upaya manusia di dalam mengolah lingkungan demi keselamatan (survive) dan kesejahteraannya (growth). Lingkungan jasmani dan rohani senantiasa berubah dan manusia harus menjawab tantangannya. Terungkaplah sebuah hukum yang disebut hukum besi kebudayaan yaitu, “sifat hakiki dari kebudayaan adalah perubahan”. Kemampuan mengidentifikasi dan memberi jawaban yang tepat bagi tantangan itu biasanya disebut “kreativitas”. Inilah intisari kebudayaan.
Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia perlu mengadakan sosialisasi dan pengenalan tentang kebudayaan Indonesia itu sendiri kepada seluruh penduduk Indonesia. Kondisi saat ini cukup memprihatinkan dan untuk generasi muda saat ini seharusnya sadar dan memperbanyak pengetahuannya mengenai budaya bangsa (lagu, tarian, cerita rakyat, dsb)

0 komentar:

About This Blog

Blog Archive

About This Blog

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP