Sabtu, 05 November 2011

Gambaran tentang Teknologi Komunikasi

Dimana perkembangan teknologi seluler sudah dimulai sejak zaman lampau hingga sekarang menghasilkan beberapa evolusi telepon seluler yang dimulai dari teknologi AMPS, 1G, 2G, 2,5G (EDGE), 3G, 3,5G, HSPDA, HSUPA, dan kedepannya memasuki dunia 4G.


Flashback 10 tahun yang lalu ketika saya membeli sebuah ponsel bermerk Siemens M35i ditahun 2001 (Gambar 2G) yang hanya memiliki fitur utama telepon dan sms, layar masih monochrome, dan hanya tersedia koneksi internet berjenis CSD atau dial-up modem yang kecepatannya jauh dibawah GPRS. Dan ketika itu fitur koneksi internet tidak terpakai karena tarif yang luar biasa mahal dan akhirnya saya hanya menggunakan fitur telepon dan sms. Ponsel ini masih dikategorikan sebagi teknologi 2G karena fungsi utamanya sebagai telepon (percakapan) dan sms (pesan test). Dulu saya beranggapan bahwa ponsel yang berukuran mungil dan bisa buat berkomunikasi dengan suara dan text sudah cukup. Dan saya membayangkan ukuran ponsel semakin mungil, tipis dan kompak.
Tapi anggapan saya mengenai gambaran prediksi 10 tahun kedepan dari tahun 2001 ternyata salah. Dalam pengikuti perkembangan jaman hingga memasuki tahun 2011, perkembangan teknologi seluler berkembang secara luar biasa. Fitur-fitur yang sebelumnya tidak terduga bisa dijejali kepada perangkat mungil itu. Walaupun kenyataannya ukuran ponsel saat ini tidak bisa disebut mungil karena membutuhkan ukuran layar yang besar dan lebar demi kenyamanan pengguna.
Sebagai contoh saya lebih senang menyebut Blackberry sebagai handset bukan ponsel karena fitur yang ditawarkan melebihi dari makna sebenarnya dari ponsel. Produk terbaru Blackberry rata-rata sudah memiliki teknologi jaringan 3,5G (setingkat diatas 3G) dengan kecepatan koneksi internet berjenis HSPDA dan HSUPA. Kecepatan maksimal akses internet yang ditawarkan konon melebihi kecepatan internet yang disediakan melalui jaringan kabel yang sudah lama digunakan di Indonesia. Selain itu fitur-fitur penunjang dan wajib lainnya seperti kamera megapixel, LCD yang berukuran besar, slot memory, sistem operasi, GPS, pemutar musik, wireless LAN, dan masih banyak fitur lainnya. Semua fitur yang dulunya terdapat di komputer yang berukuran besar, sekarang bisa masuk dalam satu genggaman.
Saya menyimpulkan bahwa teknologi baru semacam 4G LTE dan mungkin selanjutnya bernama 5G akan membuat kita terkagum-kagum akan fitur dan teknologi yang diberikan bila kita berkaca dari teknologi yang sudah ada semacam 1G, 2G, maupun 3G. Setidaknya saya berharap semua operator yang mendukung teknologi terbaru tersebut tidak lagi mengecewakan para penggunanya, dimana sering terjadi pada penggunaan teknologi sesluler sebelumnya. Mudah-mudahan semua pihak mendukung teknologi baru ini dan bermanfaat bagi semuanya.

0 komentar:

About This Blog

Blog Archive

About This Blog

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP