Senin, 09 Januari 2012

Global Digital Elevation Map Terbaru


HOUSTON - Seluruh dunia kini bisa melihat dan mendapatkan peta terbaru dan terlengkap di dunia. Peta digital bernama Global Digital Elevation Map itu mencakup 99 persen permukaan bumi dan bebas untuk diunduh dari internet.

“Ini adalah peta paling lengkap (yang disertai) dengan data yang diperoleh dari global digital elevation yang konsisten,” tutur Woody Turner, ilmuwan NASA dari misi Aster, seperti dirilis BBC.

Setidaknya terdapat 1,3 juta gambar di dalamnya. Seluruh gambar yang ada merupakan hasil kerja sama badan luar angkasa AS, NASA, dengan menteri perdagangan Jepang. Berdasar laporan BBC, alat yang digunakan adalah satelit Terra milik Jepang. Satelit tersebut dilengkapi dengan teknologi maju berupa pemancar panas dan memiliki pemantul radiometer (Aster).

Satelit itu memang didekasikan dalam misi untuk memonitor bumi dan pemantauan organisme laut hingga ledakan volkano. Dengan teknologi Aster, satelit bisa merekam dan memetakan ledakan yang terjadi hingga sejauh 30 meter. Sekumpulan data global yang unik tersebut akan melayani pengguna dan peneliti dari berbagai disiplin ilmu yang membutuhkan informasi yang terus meningkat dan luasan informasi.

Peta topografi terlengkap yang ada sebelumnya dihasilkan oleh radar yang melaksanakan misi radar topografi NASA. Radar itu dapat mencakup hingga 80 persen permukaan bumi. Peta baru tersebut, bagaimanapun, masih memiliki kekurangan pada hasil pemetaannya. Baik dari segi keakuratan ketinggian di beberapa daerah maupun di wilayah gurun pasir

0 komentar:

About This Blog

Blog Archive

About This Blog

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP