Kamis, 27 Oktober 2011

Pengaruh Globalisasi di Kalangan Generasi Muda



Globalisasi begitu cepat mengubah kalangan generasi muda. Pengaruh tersebut membuat generasi muda lupa akan ciri dan kepribadian bangsa. Hal itu dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari dari generasi muda. Misalnya dalam mengenakan busana, banyak remaja yang berdandan cenderung ke budaya Barat. Padahal budaya pakaian Barat tidak sesuai dengan kepribadian dan kebudayaan bangsa kita. Akibatnya banyak generasi muda yang ingin menjadi orang lain dengan menutupi identitasnya. Tidak banyak generasi muda bangsa kita yang mau melestarikan budaya bangsa dan berpakaian sesuai dengan kepribadian bangsa.
Perkembangan teknologi seperti internet yang kini telah menjamur dan menjadi sumber informasi bagi siapa saja. Internet bagi generasi muda merupakan santapan sehari-hari. Jika internet digunakan ebagaimana mestinya, tentunya akan membawa manfaat yang baik. Akan tetapi, jika tidak digunakan sebagaimanamestinya akan menjadikan hal yang buruk.
Globalisasi yang menganut sistem kebebasan dan keterbukaan membuat generasi muda bertindak sesuka hati mereka. Tidak heran jika generasi muda sekarang tidak mengenal sopan santun dan tidak peduli terhadap lingkungan. Jika muncul generasi muda demikian, tidak ada ras cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan tidak peduli terhadap masyarakat, maka bangsa kita akan rusak.

0 komentar:

About This Blog

Blog Archive

About This Blog

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP